mas darji template
Headlines News :
Home » , » Pasangan NO-AH Menang Di 21 Kecamatan

Pasangan NO-AH Menang Di 21 Kecamatan

Reporter : Wiwid on Senin, 10 Juni 2013 | 22.13

foto : Luhur Wahyu/beritajombang.NET

Jombang (beritajombang.NET) - Hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jombang yang dilakukan Pusdeham Surabaya ternyata tidak jauh beda dengan hitung manual yang dilakukan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) setempat, Senin (10/6/2013).

Yakni, pasangan Nyono Suharli - Mundjidah Wahab (NO-AH) berhasil memenenangkan pilkada dengan meraup 401.576 suara atau 59,54 persen.

Perolehan itu jauh meninggalkan dua rivalnya, yaitu pasangan Widjono Soeparno - Sumrambah (WIRA) dan Munir Alfanani - Wiwik Nuariati
(Mukti). Rinciannya, WIRA memperoleh 234.819 suara atau setara 34.82 persen. Dan pasangan Mukti mendapatkan 38.039 suara atau 5,64 persen. "Jadi berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU, memastikan
pasangan NOAH memenangi Pilkada Jombang," kata Ketua KPU Jombang, Machwal Huda.

Lantas bagaimana dengan golput dalam pilkada Jombang? Machwal menjelaskan, tingkat golpu di Jombang relatif kecil, yaitu sekitar 29
persen. Kondisi itu tidak lepas dari getolnya KPU melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Dia melanjutkan, jumlah suara yang tidak sah sebesar 27.307, sedangkan suara sah sebanyak 674.434. Sehingga jumlah total suara sebesar 701.741. "Jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) di Jombang sebesar 998.463 suara. Jadi tingkat golput di pilkada Jombang ini hanya 29 persen saja," ujarnya menambahkan.

Meski mendapatkan penjagaan yang ketat dari kepolisian, namun proses rekapitulasi suara tersebut berjalan lancar. Tiga saksi dari masing-masing pasangan calon menerima hasil penghitungan tersebut. "Hasil penghitungan ini tidak jauh beda dengan milik tim kami. Sehingga kami juga menerima hasil penghitungan KPU tersebut," kata M Sofwan, saksi dari tim WIRA.

Sementara itu, KPU selanjutnya melakukan rapat pleno guna menetapkan hasil penghitungan manual tersebut. KPU juga menegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada pasangan calon yang melayangkan gugatan ke MK (Mahkamah Konstitusi) terkait pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu. "Hari ini kita langsung melakukan rapar pleno penetapan. Insya Allag sore nanti sudah selesai," pungkas Machwal.

Seperti diketahui, Pilkada Jombang yang digelar pada Rabu, 5 Juni 2013
kemarin, diikuti oleh tiga pasangan calon. Yakni, nomor urut 1 ditempati pasangan Munir Alfanani - Wiwik Nuriati (Mukti) yang diusung oleh PKB dan PKPI.

Pasangan nomor urut 2, yakni pasangan Widjono Soeparno - Sumrambah (WIRA). Mereka yang diusung PDI Perjuangan, dan didukung Partai Hanura serta PKPB. Sedangkan, pasangan dengan nomor urut 3, adalah Nyono Suharli - Mundjidah Wahab (NOAH) yang diiusung oleh Partai Golkar, PPP, PKS, Partai Demokrat, serta Partai Gerindra.

sumber : beritajatim.com
Share this post :
 
Support : Tuhan Yang Maha Esa | .
Copyright © 2011. BeritaJombang.net | Portal Berita Jombang - ...
.. .. .. ..
..:p